Kamis, 17 Maret 2011

meneliti sifat orang batak dengan orang sunda berdasarkan letak geografis

Indonesia merupakan negara yang mempunyai bebagai macam suku,agama,daerah.hal ini lah yang membuat negara indonesia memiliki ciri-ciri yang berbeda dalam hal kedudukan mulai daya dari gaya hidup,dan perolehan sumber daya. Pada dasarnya setiap masyarakat bersifat pluralistik karena didalamnya selalu terdapat perbedaan perbedaan.kenyataan - kenyataan itu yang disebabkan oleh beberapa kenyataan.kenyataan itu adalah perbedaan dalam hal agama yang dianut, ciri fisik kebudayaan (etnik),profesi,dan perbedaa jenis kelamin.secara etnik ,perbedaan semakin beragam karena terpisah-pisah menurut perbedaan bahasa, sifat,,sejarah nilai dan norma.setiap orang yang memiliki kesamaan dalam hal unsur-unsur diatas cendrung mengelompok kan mejadi satu.akibatnya terbentuklah kelompok –kelompok sosial yang berbeda latar belakabg nya.menurut horton&hunt (1987)kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok kelompok lainya dalam segi ciri fisik bawaan disebut ras.sedangakan charles R,darwin dalam teori evolusi semua ras manusia berasal dari satu keturunan sehingga secara umum semua memiliki ciri dasar yang sama seperti ras manusia,dari penjelasa tersebut saya akan menganalisis sifat manusia berdasarkan letak geografis dalam pembahasaa saya kali ini saya akan mebahas sifat orang sunda dengan sifat orang batak.

Orang sunda mungkin kata sunda sudah tak asing lagi untuk kita dengar seperti yang sering kita ketahui orang sudah indentik dengan hal hal yang lembut dan halus seperti kita ambil contoh dari daerah tasikmalaya jawa barat.pendudk disana mungkin kebnyakan dari suku sunda mereka selalu berbahasa halus dan lembut jarang sekali orang sunda melakukan hal hal yang kasar,saat saya berkunjung ke daerah tasikmalaya saya meliaht mereka berbica begitu penuh dengan rasa kasih sayang ,ras mereka pun seperti kaukasoid memilki ciri-ciri: A.wajah dan bagian-bagiannya menonjol

B.rambut lurus dan berombak

C.hidung sempit

D.bertubuh tinggi dan

E.warna kulit terang

Mereka identik memiliki fisik yang saya sebutkan dia atas ,tapi mungkin terkadang ada diantara mereka yang memiliki sifat yang kasar juga saya pernah mendengar bahwa sunda itu terbagi atas daerah-daerah atau tempat tinggal mereka sebut saja,daerah bandung banyak orang yang mengatakan bahwa sunda disitu merupakan sudah terhalus,contoh lgi seperti:tasikmalaya,garut dan cianjur,dan kuningan,daerah tersebut yang memiliki sunda yang halus.dan daerah bogor dikenal dengan sunda yang kasar.orang batak dikenal sebagai orang yang mempunyai sifat kasar mereka terkadang identik dengan kekasaaran dan tak mau mengalah mungkin kita menarik kesimpulan antara orang batak dan sunda mempunyai karakteristik yang sangat berbeda mungkin ada sebagian orang batak yang tidak memiliki sifat seperti itu namun kebanyakn orang batak memiliki sifat kasar .saya akan membuat satu contoh misal:pak togar dan pak raihan mereka bertetangga namun mereka dari suku yang berbeda suatu hari pak togar bertengkar dengan pak raihan karna suatu masalh pasti dalam hal ini pak togar tidak mau meminta maaf dluan pasti pa raihan lah yang akan meminta maaf dluan.

Dari kasus ini kita pasti dapat meyimpulakn bahwa orang batak dan sunda memiliki sifat yang sangat jauh berbeda .salah satu faktor yaitu persebaraan dan perkembangaan ,terjadilah perubahan ciri-ciri fisik yang disebabkan oleh keadaan lingkungan tempat tinggal mereka perkembangan manusia selama ribuan tahun telah membuat beberapa ras saling membaur dalam bentuk perkawinan sehingga terjadi pencampuran.




SUMBER:SOSIOLOGI 2 GRAHADI.SMA KLAS 2 PROGRAM IPS.

22 komentar:

Unknown mengatakan...

hal itu harus didukung dengan penelitian ..karna bisa saja dengan perubahan zaman dan di era globalisasi ini,,banyak hal yang bergeser....menurut pemahaman saya setiap suku itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing...tidak ada suku yang seratus persen baik...beitu juga sunda...orang sunda juga memiliki juga banyak kelemahan..seperti kita dengar ada sebagian orang yang berfikir kurang simpatik mendengarkan kata (maaf) "cewek bandung" tentu saja orang punya pikiran dan perasaan yg berbeda...itu relatif...dan misalnya medan juga ada seperti yang dikatakan diatas namun jg mereka orang batak...biasanya setia kawan dan baik hati walaupun perawakannya kasar....saya tidak membela siapapun tapi itu opini saya....trimakasih...

Anonim mengatakan...

CEWEK BANDUNG ???

YANG MERUSAK IMAGE CEWEK BANDUNG ITU PENDATANG DARI BATAK JAWA YANG SUDAH LAMA TINGGAL DI BANDUNG....

WAJAR BANDUNG KAN KOTA BESAR PASTI BANYAK PENDATANG...

Unknown mengatakan...

Satuju pisan kang, nuhun artikelna nu samemeh ie.
Lihat tuh di jatim banyak warkop dan purel segala ada cabe-cabean, kimcil segala macem. Di cianjur apa ada ?
Fakta

Donald mengatakan...

BATAK KASAR dan SUNDA HALUS...?
Hahahaha.....Kau salah kawan. Kau belum tau apa2 ttg kami. Kau hanya lihat satu atau dua orang Batak dan itu jadi hasil penelitianmu?

Ini fakta tentang kami:
Kami berbicara KERAS tapi JUJUR.
Manis didepan, ngedumel dibelakang bukanlah Batak! Itulah kenapa kalian bilang KASAR!
Kami punya bahasa yg halus kepada orang2 yg lebih tua.
Kami setia kawan. Susah sama ditolong baik dlm pesta maupun duka cita.
Kami punya banyak bakat dan talenta, jadi tidak usah obral tubuh.
Kami PEKERJA KERAS bukan PEMALAS.
Semiskin-miskinnya Batak, pantang jadi pengemis.
Pernikahan Batak paling setia sekalipun KAYA RAYA sampe janda atau duda
Menjadi AIB jika punya istri lebih dari satu.
Batak minim PELACURAN. Gak tau yah kalo Bandung lautan asmara.
Antar agama Islam-Kristen dalam Batak damai krn berpegang dgn ADAT ISTIADAT yg kuat.
Perempuan Batak banyak dicari suku2 lain karena setia. Jangan bilang cewek2 batak jelek dan tidak bisa berdandan.. hei buka matamu lebar2.

Kalau mau banding2in Sunda dgn Batak, datanglah ke pelosok SUMUT. Jangan di Jawa Barat.

Sorry sy bicara lantang. Karena itulah sifat kami. Keras tapi bukan KASAR!



Donald mengatakan...

Satu hal lagi, orang Batak itu PEMBERANI. Berani merantau sampai kepelosok negeri dan tidak pernah takut aral rintang warga asli. Dari Sabang sampai merauke sudah dihuni orang Batak.
Batak itu paling ramah berteman walaupun berbeda suku dan agama gak pandang bulu...makanya dimanapun kami ada.

Lebih baik bicara keras daripada menyimpan bangkai dibelakang.

Unknown mengatakan...

setuju x aku lae.BATAK itu ceplas ceplos klo salah ya salah klo betul ya betul.keluarga aku ada yg islam ada juga yg kristen.tpi kami saling menghormati.paling aku suka pas acara malam tahun baru.semua anggota klan kami berkumpul saling mengakui kesalahan masing2.no bacot kami apa adanya .BATAK sring d bilang tambal ban.supir angkot .kami nggk peduli tinggi rendahnya pekerjaan yg penting usaha.lebih baik kerja dipandang rendah dari pada mengemis.tapi kami d katain ya biarlah.emang kayak gitu kami,apa adnya.kami benci pengangguran.
-Sitorus.B Clans-

abin009 mengatakan...

hmmmmmmmmmmm.......

Anonim mengatakan...

oke lai..kita satu nusa satu bangsa satu bahasa indonesia ..MERDEKA.

Anonim mengatakan...

oke lai..kita satu nusa satu bangsa satu bahasa indonesia ..MERDEKA.

Anonim mengatakan...

oke lai..kita satu nusa satu bangsa satu bahasa indonesia ..MERDEKA.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Ga boleh saling menyudutkan, semuanya jv ada kekurangan dan kelebihannya. Syukuri saja yg diberikan sang pencifta.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Betul itu abang ilike's it batak horas..meskipun aku org jawatimur aku lebih suka org batak ...punya sifat setia dan penyayang sama istri.

Unknown mengatakan...

Betul...betul...betul..berbeda suku adat tetapi masih satu jiwa,dan kita pun harus menghormati suku2 indonesia.ya meskipun kita beda agama tp hukumnya wajib.

Unknown mengatakan...

Sabar2 mugkin org itu lg galau.wkkk

Unknown mengatakan...

Betul itu abang ilike's it batak horas..meskipun aku org jawatimur aku lebih suka org batak ...punya sifat setia dan penyayang sama istri.

Unknown mengatakan...

Halo bro, kebetulan saya senasib dengan anda. Dari kecil saya ngalamin rasisme tinggal di daerah bandung. Terutama tetangganya. Ada kontak seperti BBM atau WA, siapa tau bisa bertukar pengalaman.

Unknown mengatakan...

ya nama nya juga sunda, lembut di depan aja, isi hati nya kotor, munafik, cewek2 nya murahan dan suka pake susuk untuk jadi cantik,suka pake dukun, nikah 2 istri, cerai, pamer tubuh, kalo di perdagangan prostitusi, sunda lah paling banyak, kalo di bandingkan ama orang batak, justru mereka lebih sopan terhadap yang lebih tua, ngomong apa ada nya, jujur , se miskin2 nya orang batak, kami ga ada pengemis! dan laki2 di suku batak ngga banci kayak sunda, makasih

Unknown mengatakan...

setuju sama abang ini. jujur saya orang sunda. tapi saya sangat respect sama orang batak. karena betul yg disampaikan orang batak itu keras bukan kasar. merka juga pandai bergaul dan setia. tidak munafik. dan yang terpenting mereka pekerja keras.

Unknown mengatakan...

Betul bgt bang. Aku jg batak. Siapa bilang batak keras. Batak itu tegas.tdk suka bicara munafik

Posting Komentar